Rabu, 16 Desember 2015

PABRIK GULA KARANG ANOM

 SITUS PABRIK GULA KARANGANOM

            Pabrik Gula Karanganom adalah salah satu pabrik gula yang pernah berdiri di Kabupaten Klaten. Pabrik gula ini tepatnya berada di Desa Karanganom Kecamatan Karanganom Klaten. Kini bangunan utama pabrik dan bangunan pendukung lainnya sudah tidak ada yang bersisa. Namun dibekas lokasi pabrik berdiri masih bisa dijumpai bekas bangunan pagar yang kemungkinan dulu mengelilingi area perumahan pabrik. Lokasi area pabrik sendiri kini telah berubah menjadi ladang tebu dan pemukiman.
            Menurut informasi yang berhasil dihimpun dari warga sekitar, nasib Pabrik Gula Karanganom tidaklah jauh berbeda dengan Pabrik Gula Gedaren yang berada di sebelah baratnya. Pabrik gula tersebut hancur saat terjadi peperangan dengan Belanda atau yang dikenal dengan perang revolusi tahun 1949. Kala itu banyak masyarakat yang menghancurkan seluruh bangunan pabrik beserta bangunan-bangunan pendukungnya. Alat-alat giling tebupun juga tak luput dari amukan. Hal ini bertujuan agar bangunan pabrik tidak bisa dimanfaatkan kembali oleh Belanda.

Peta Pabrik Gula Karanganom
Sumber: kitlv.nl

Tak banyak catatan sejarah yang menceritakan tentang pabrik gula ini. Bahkan masyarakat sekitar yang tinggal di sekitar area bekas pabrik gulapun tak banyak yang tahu. Satu-satunya saksi bisu mengenai keberadaan pabrik gula disana hanyalah bekas potongan besi rel lori dan reruntuhan pagar tembok yang hampir terkubur tanah.


Pabrik Gula Karanganom Tahun 1900 dan 1920
Sumber: kitlv.nl

Bekas Besi Rel Lori Pabrik Gula Karanganom

Rumah Administrateur Pabrik Gula Karanganom Tahun 1900
Sumber: kitlv.nl


Bekas Pagar Tembok dan Bekas Pabrik Gula Karanganom di Sisi Utara


Bekas Pagar Tembok dan Bekas Pabrik Gula Karanganom di Sisi Utara






Tidak ada komentar:

Posting Komentar